Bantuan Dana Riset Inovatif Produktif (RISPRO) diberikan untuk Kelompok Periset yang ingin mengkomersialisasikan dan/atau mengimplementasikan hasil riset sebelumnya yang telah teruji layak secara teknologi. Dengan kata lain, riset-riset yang mendapat Bantuan Dana RISPRO adalah riset yang telah terbukti secara teknologi (proven technology) dan siap memasuki tahap scaling up menuju komersialisasi/implementasi. Oleh karena itu, dalam Bantuan Dana RISPRO dipersyaratkan mitra.

Tujuan

Bantuan Dana RISPRO memiliki empat tujuan utama sebagai berikut:

  1. Mendorong dan menghasilkan riset-riset unggul yang dapat diimplementasikan untuk memberi nilai tambah dan/atau inovasi-inovasi di bidang pangan, energi, kesehatan, pembangunan ekonomi berwawasan lingkungan (eco-growth), tata kelola, sosial keagamaan, dan budaya.
  2. Menjalin jejaring kalangan periset, akademisi dan penggiat riset di bidang pangan, energi, kesehatan, pembangunan ekonomi berwawasan lingkungan (eco-growth), tata kelola, sosial keagamaan, dan budaya.
  3. Menjalin kerja sama dan memberi dukungan kepada mitra korporasi dan publik di bidang pangan, energi, kesehatan, pembangunan ekonomi berwawasan lingkungan (eco-growth), tata kelola, sosial keagamaan, dan budaya untuk menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.
  4. Melaksanakan misi organisasi dalam hal mendorong riset strategis dan/atau inovatif yang implementatif dan menciptakan nilai tambah guna pengembangan dan penerapannya.

Luaran

Bantuan Dana Riset RISPRO diharapkan akan menghasilkan luaran yang bermanfaat bagi peningkatan daya saing dan pemecahan permasalahan bangsa, meliputi:

  1. Teknologi untuk penguatan industri strategis yang dapat berupa salah satu atau lebih dari:
    1. penerapan teknologi baru untuk menghasilkan produk baru;
    2. penemuan produk baru yang layak dikomersialkan;
    3. pengembangan produk yang telah ada;
    4. perbaikan proses produksi.
  2. Penerapan teknologi tepat guna bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan/atau masyarakat.
  3. Penguatan tata kelola badan/kelembagaan sektor publik dan korporasi, dan
  4. Kebijakan terkait dengan peningkatan kesehatan dan kemandirian masyarakat, perwujudan dan peningkatan keharmonisan sosial keagamanan, serta pengembangan dan pelestarian nilai dan budaya Indonesia.

Disamping luaran tersebut di atas, Bantuan Dana RISPRO diharapkan menghasilkan luaran saintifik, antara lain:

  1. Publikasi ilmiah jurnal internasional yang mempunyai reputasi baik;
  2. Publikasi ilmiah jurnal nasional terakreditasi;
  3. Jumlah mahasiswa pascasarjana yang terlibat dalam kegiatan riset;
  4. Buku ajar.

Selengkapnya: http://www.risprolpdp.org