Sudah sejak dua tahun ini saya harus membasahi mata saya dengan obat tetes karena menurut dokter produksi air mata saya sudah berkurang, bila tidak ditetesi mata saya terasa kering dan gatal. Permasalahannya apakah menggunakan tetes mata pada saat bulan puasa seperti sekarang ini membatalkan puasa apa tidak? Apakah hukumnya sama dengan membersihkan telinga yang tidak membatalkan puasa?

Pudjo Ahmadi, Buring

Jawaban

Assalamu’alaikum warahmatullah wa barakatuh. Saya adalah pembaca Rubrik Bahsul masa'il NU yang dari penjelasan penjelesan itu sebagian saya pakai pedoman dalam amaliyah saya karena secara kebetulan persis yang kita alami sehari hari yang masih ragu... Nah yang saya tanyakan sekarang adalah:

Perubahan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini tidak jarang membuat ketahanan tubuh saya menurun dan mudah terserang sakit utamanya flu. Apalagi saya alergi dingin, setiap kali hawa dingin menghampiri, saya langsung pilek. Dan pilek ini cukup mengganggu saya terlebih saat berpuasa.

Assalamu'alaikum. Pak Kiai yang saa hormati. Saya kemarin mengikuti resepsi pernikahan teman di daerah Jakarta Timur. Nah waktu itu penghulunya nggak mau nikahkan kalau mempelai wanitanya tidak hadir. Akhirnya mempelai wanita pun dihadirkan.

Kata pak penghulu, calon mempelai wanita adalah bagian dari rukun nikah yang harus ada di tempat. Yang ingin saya tanyakan, apakah pada saat akad nikah, mempelai putri harus hadir? Apakah tidak cukup dihadiri walinya? Terimakasih penjelasannya, semoga kiai sekeluarga sehat-wal afiyat.

Wassalam

Assalamu'alaikum kiai. Saya Muchtar Habib di Denpasar. Maaf kiai, dengan selalu memohon petunjuk dari Allah ijinkan saya untuk bertanya tentang ajaran Islam yang kurang saya pahami. Saya ingin bersedekah (misalnya berupa Al-qur'an) yang mana sedekah tersebut saya niatkan untuk almarhum/almarhumah. Dengan harapan almarhum/almarhumah mendapat fadilah/pahala dari sedekah tersebut dan mendapatkan sebagian pahala ketika seseorang yang saya beri Al-Qur'an membacanya.

Assalamu’alaikuw warahmatullahi wabarakatuh. Redaksi Yth saya berinisiatif membuat jadwal puasa Nabi Dawud pada Senin, Kamis, dan Sabtu (di antara Senin dengan Kamis, dua hari berbuka). Bolehkan hal tersebut saya lakukan? Terimkasih. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh (Ega Prasetya Noor)

Jawaban

Assalamu’alaikum wr. wb. Redaksi NU Online yang saya hormati, saya mau bertanya tentang wali nikah dari anak zina atau anak luar nikah. Apakah jika yang menikahi ibunya bukan bapak biologisnya bisa menjadi wali nikahnya? Mohon dengan sangat penjelasannya. Syukran katsir, wassalamu’alaikum wr. wb. (Marwan/Bulukamba-Brebes)

Jawaban